Kenapa Pinjaman di Bank Kedua Tercatat Macet di SLIK BI?

Pertanyaan:

Saya memiliki beberapa pinjaman pada saat covid. Terdapat 2 pinjaman Bank. Kedua pinjaman tersebut masih saya cicil s/d saat ini sesuai informasi yg saya terima. Dan setiap bulannya saya mendapat notifikasi / pengingat pembayaran tagihan yg dikirim masing-masing bank. Baru baru ini saya melakukan request data Slik bi saya. Setelah saya cek slik bi saya, pinjaman yg pertama pada bank pertama tercatat lancar dan utang berkurang, namun mengapa di pinjaman yg kedua pada bank kedua masih tercatat macet dan hutang hanya sedikit berkurangnya? Apa hal hal yang dapat saya lakukan ? Terima kasih.

 

Jawaban pertanyaan:

Untuk mengetahui lebih jelas tentang utang kedua, sebaiknya langsung mendatangi bank tersebut dan menanyakan informasi pinjaman. Kemudian meminta informasi terkait dengan catatan “macet” dan utang yang tidak kunjung usai (berkurang hanya sedikit). Apakah cicilannya yang kurang, atau ternyata ada perubahan kebijakan terkait utang piutang tersebut yang belum terinformasikan kepada nasabah.

Setelah informasinya jelas, maka mulai identifikasi dan evaluasi antara penghasilan dan pengeluaran untuk utang agar dapat melunasi utang secara bertahap atau satu per satu.

 

Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn