Bagaimana Cara Mengatur Uang untuk Usaha?

Pertanyaan:

Jika ada peluang usaha jual barang grosir yang terlihat bagus dan ada supplier terpercaya, harga murah, lalu permintaan pasar juga banyak & terlihat menjanjikan, mending langsung ambil momentum quantity banyak atau sedikit2 dulu. dari budget modal yg bisa saya keluarkan, digunakan 100% atau berapa persen dulu. Note: bidang baru bagi saya.

Jawaban pertanyaan:

– Sejak awal memisahkan keuangan personal, keluarga dan usaha. Mengatur cash flow dari masing-masing, baik personal, keluarga mau pun usaha dan perlu disiplin dalam hal ini, karena ini menjadi kunci agar manajemen keuangan dapat berjalan dengan baik.

– Melakukan benchmarking dengan usaha sejenis sebelum mengambil keputusan.

– Melakukan perencanaan usaha yang matang dengan mereview seperti resources, cost production, potential revenue, sustainability dari produk atau jasa, value proposition, target market dan lain sebagainya. Tidak mudah tergiur dengan iming-iming hasil yang besar dalam waktu cepat.

– Jika dihubungkan dengan perencanaan keuangan, perlu dilakukan perencanaan dana atau modal yang dibutuhkan, berapa lama akan kembali modal, berapa revenue yang dihasilkan dan lain-lain.

– Mengidentifikasi produk atau jasa milik kompetitor dan temukan perbedaan, value, manfaat yang memberi nilai tambah bagi customer

Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn