Bagaimana Mengelola Keuangan Rumah Tangga dan Keuangan Pribadi?

Pertanyaan:

Bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga dan keuangan pribadi?

Jawaban pertanyaan:

Hai Kak,

Pada dasarnya manajemen keuangan pribadi dan keuangan keluarga serupa tapi tak sama.

Manajemen keuangan Pribadi lebih kepada membuat anggaran-anggaran kebutuhan personal atau pribadi, fokus menabung untuk tujuan keuangan pribadi, berinvetasi untuk mempercepat tujuan keuangan tercapai, memiliki perencanaan pensiun dan mengelola utang jika memiliki utang.

Sedangan manajemen keuangan keluarga lebih kepada pengelolaan keungan yang menyeluruh dari semua anggota keluarga, memiliki anggaran kebutuhan keluarga yang tentunya terdiri lebih dari satu individu, memiliki perencanaan jangka panjang dari beberapa kebutuhan keluarga (rumah, kendaraan, ibadah, liburan), perencanaan dana pendidikan anak, memiliki pengelolaan risiko seperti proteksi dan pengambilan keputusan melibatkan anggota keluarga.

Perbedaan antara manajemen keuangan pribadi dan keluarga lebih kepada, kompleksitas pengelolaan dimana pribadi lebih sederhana dibandingkan keluarga, pengambilan keputusan, jika keluarga melibatkan beberapa individu, sementara pribadi dapat langsung memutuskan sendiri. Secara lingkup pengelolaan, keluarga lebih banyak mempertimbangkan kebutuhan, prioritas dan tujuan dari keluarga, sedangkan pribadi lebih sederhana karena hanya satu individu. Dan tujuan keuangan keluarga tentunya lebih beragam karena ada beberapa individu yang perlu memiliki tujuan.

Untuk dasar perencanaan keuangan semua sama, memiliki anggaran untuk alokasi pajak, sedekah, membayar utang, proteksi, berinvestasi dan biaya-biaya kebutuhan hidup serta biaya gaya hidup. Dari dasar perencanaan keuangan ini maka dapat dilakukan pengaturan secara pribadi atau keluarga.

Terima kasih

Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn