Apa Tips Efektif Mengelola Gaji Magang bagi Mahasiswa?

Pertanyaan:

Saya merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan program internship atau magang. Apakah ada saran bagaimana cara yang efektif untuk mengelola gaji dari magang tersebut?

Jawaban pertanyaan:

Halo, Kak.

Alhamdulillah sudah ada penghasilan dari magang ya. Kita bahas smart budgeting yang sederhana terlebih dahulu untuk pertanyaan ini.

Pertama, perlu sisihkan dahulu untuk sedekah, menabung, berinvestasi, sisanya gunakan untuk biaya kebutuhan hidup dan biaya gaya hidup. Menabung bisa di tabungan atau deposito, berinvestasi kecil-kecilan dapat melalui logam mulai dari yang terkecil.  Perlu menegaskan mana yang jadi kebutuhan hidup dan mana yang jadi keinginan karena seringkali ini menjadi pemborosan. Perinci dengan detail pengeluaran-pengeluaran agar dapat dikelola dengan baik dan sesuai dengan tujuan hidup.

Ada satu komponen finansial yang juga penting, yaitu proteksi yang perlu dilakukan sejak dini. Rekening proteksi berupa produk asuransi baik pemerintah atau swasta. Ini dapat dipertimbangkan dari sekarang karena bicara financial freedom dapat dilakukan kapan saja selagi kita memiliki uang, tapi asuransi perlu punya keuangan yang sehat.

Terima kasih.

 

Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn