Bagaimana Cara Efektif Mengatur Gaji Rp5 Juta?

Pertanyaan:

Gaji saya per bulan Rp5 juta. Saya sudah mengatur untuk biaya harian sebesar Rp2 juta, namun sering kali habis tidak tau ke mana. Bagaimana solusinya?

Jawaban pertanyaan:

Hai, Kak.

Di Klinik Solusi Finansial, kami akan memberi tahu kita ke mana saja uang kita pergi, bukan malah bertanya “ke mana saja ya uangku pergi?”

Prinsip yang perlu diterapkan dalam perencanaan keuangan terutama personal. Pertama, menjaga penghasilan agar selalu ada dan terjaga. Kedua, mengelola pengeluaran agar tertata. Ketiga, menegaskan kebutuhan dan keinginan. Keempat, mendisiplinkan dengan kontrol diri. Maka, perlu dipahami dan menerapkan prinsip tersebut.

Langkah yang penting dilakukan, Needs dan Wants, Sisih dan Sisa, Minimum dan Maksimum. Perlu menegaskan mana yang kebutuhan dan keigininan. Ini sering terjadi dan menjadi kebocoran keuangan karena sulitnya menahan emosi untuk membeli sesuatu. Sisih dan Sisa, sisihkan dulu untuk pajak, sedekah, utang, asuransi, investasi dan sisanya gunakan untuk biaya-biaya seperti kebutuhan hidup dan gaya hidup. Kemudian mana yang bisa diminimumkan dan mana yang bisa dimaksimumkan? Investasi, minimal 10%, bisa dimaksimumkan. Utang maksimal 35% seharusnya dikurangkan menjadi 0%.

Temui konsultan atau perencana keuangan pribadi untuk berdiskusi. Terima kasih.

 

Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn