Bagaimana Cara Mengatur Keuangan di Tengah Ketidakstabilan Ekonomi Keluarga?

Pertanyaan:

Bagaimana cara mengatur keuangan per bulan yang hanya Rp200 ribu untuk kebutuhan skincare dan main dalam keadaan ekonomi keluarga yang sedang tidak stabil?

Jawaban pertanyaan:

Mengatur keuangan untuk alokasi pembelian skincare dan bermain?

Alangkah baiknya meskipun kondisi ekonomi belum stabil, perlu tetap menjaga penghasilan untuk selalu ada dan mengelola pengeluaran agar tetap tertata.

Seseorang pasti memiliki kebutuhan dan keinginan, maka identifikasi kembali apakah skincare dan bermain menjadi kebutuhan atau keinginan?

Ini pentingnya setiap orang perlu belajar tentang manajemen keuangan, di mana dalam perencanaan keuangan ada 6 pos alokasi: pajak, sedekah, membayar utang, proteksi, investasi dan sisanya untuk biaya hidup. Skincare apakah kebutuhan? Bermain apakah kebutuhan atau keinginan?

Dengan disiplin dan kontrol diri melakukan perencaan keuangan dengan mengalokasikan ke pos-pos anggaran tersebut, maka kebutuhan dan keinginan dapat dicapai dengan waktu yang sudah ditentukan. Alokasikan sesuai dengan pos-posnya dan cairkan sesuai dengan target waktunya. Jika hal ini dilakukan dengan disiplin setiap bulan, maka kebutuhan dan keinginan memilikinpeluang atau kemungkinan tercapainya semakin besar dan seseorang dapat memilah dan memilih mana yang menjadi prioritasnya.

Terima kasih.

 

 

Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn