Apa Solusi untuk Mahasiswa yang Ingin Bekerja Part-Time?

Pertanyaan:

Gini kak, kan aku sekarang nih kuliah mumpung mau liburan kuliah aku niatin mau kerja gitu buat sampingan udah bilang ke umi beliau iyain keputusan aku biar nambah uang jajan aku dan adekku + bantu ekonomi keluarga juga. Nah pas ke besokannya aku bilang ke ayah tentang rencanaku ini aku ga dibolehin dan dicaci maki kak seakan-akan aku tuh salah besar bangett. Habis itu aku masuk kamar nangis sejadi-jadinya tanpa ada yang tau, kek aku mikir ‘aku kerja juga buat ngebantu ekonomi keluarga dan buat tambahan jajan aku, semisal adekku mau minta jajan pun aku bisa ngasih’ gitu kak. Dan satu lagii aku susah bangett buat nabung kak walaupun itu receh, seakan-akan tuh uang receh yang aku kumpulin ga dapet-dapet hilang lenyap gitu faktor nya sih sering kepake terus kalo adek ga ada uang saku buat sekolah dan nabung disekolah nya, kadang juga buat belanja buat makan sehari-hari keluarga. Tolong kak tolong banget solusi buat aku tentang masalah ini, rasanya tuh kek mau meledak capek dibuat sasaran emosi kalo lagi ga ada uang sama ortu tolong kaaa, help me😭🙏🏻

Jawaban pertanyaan:

Sebaiknya membicarakan masalah ini dengan keluarga secara baik-baik. Sampaikan kepada ayah ibu, duduk bersama terkait dengan tujuan yang ingin dicapai, membantu ekonomi keluarga.

Lalu diskusikan bersama apa kelebihan dan kekurangannya jika mengambil keputusan tersebut, sehingga masing-masing anggota keluarga dapat mengeluarkan pendapatnya.

Secara umum lakukan perencanaan keuangan dengan smart budgeting:

  • Darimana sumber penghasilan keluarga
  • Apa saja kebutuhan pengeluaran keluarga
  • Alokasikan untuk pos pos anggaran dan gunakan skala prioritas
  • Menegaskan mana kebutuhan dan keinginan agar meminimalisir pengeluaran yang tidak mendesak untuk dimiliki
  • Harus disiplin dalam melakukan perencanaan keuangan ini.
  • Sampaikan kepada keluarga dan meminta mereka membantu memutuskan sehingga keputusan yang diambil adalah milik bersama, untuk menghindari saling menyalahkan.
Picture of Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

Wahyuning Widowati, M.I.Kom, CFP®, QFE ®

  • Qualified Financial Educator
  • Licensed  NLP COACH®
  • Approved by DR. Richard Bandler & The Society of NLP™, USA

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn